Abstrak  Kembali
Tujuan peneli ti an ti ndakan kelas i ni adalah (1) mendeskri psi kan proses pengunaan model flipped classroom dalam pembelajaran menuli s arti kel pada si swa kelas XII MIPA1 SMA 60 Jakarta. (2) memaparkan efekti vi tas penggunaan model flipped classroom dalam pembelajaran menuli s arti kel pada si swa kelas XII MIPA1 SMAN 60 Jakarta. Peneli ti an ti ndakan kelas i ni di laksanakan dengan dua si klus, yai tu si klus I dan si klus II. Vari abel yang di gunakan, yai tu: (1) vari abel keterampi lan menuli s arti kel, dan (2) vari abel metode model pembelajaran fli pped classroom. Tekni k pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Tekni k tes di beri kan melalui soal urai an dan tekni k nontes di ambi l melalui deskri psi catatan hari an, wawancara, dan dokumentasi foto. Anali si s data yang di gunakan adalah tekni k kuanti tati f dan kuali tati f. Berdasarkan hasi l peneli ti an dapat di ketahui bahwa keterampi lan menuli s arti kel si swa pada tahap prasi klus, ni lai rata-rata yang di capai sebesar 62,40 dalam kategori cukup. Setelah di lakukan ti ndakan menggunakan model Flipped Classroom pada si klus I, ni lai rata-rata yang di capai sebesar 72,83 dengan kategori cukup. Ti ndakan dan ni lai rata-rata pada si klus I belum mencapai tujuan yang akan di capai . Ni lai rata-rata yang harus di capai adalah 75.00. Oleh karena i tu, peneli ti melakukan ti ndakan si klus II. Pada si klus II ni lai rata-rata yang di capai sebesar 78,13 dalam kategori bai k. Hal i ni berarti mengalami peni ngkatan sebesar 5,3%. Selai n i tu, peri laku-peri laku negati f si swa selama mengi kuti pembelajaran pada tahap prasi klus dan si klus I mengalami perubahan ke arah posi ti f pada si klus II. Dapat di si mpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Flipped Classroom dapat meni ngkatkan keterampi lan menuli s arti kel si swa dan dapat mengubah peri laku si swa ke arah posi ti f. Mengacu pada hasi l peneli ti an tersebut, peneli ti menyarankan pada guru bahasa Indonesi a hendaknya memperti mbangkan model Flipped Classroom dalam mengoptimalkan pembelajaran menulis artikel