Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk menganalisis bentuk ketidakadilan gender dan nilai pendidikan karakter pada novel Perempuan yang Menangis Kepada Bulan Hitam karya Dian Purnomo dengan menggunakan teori Mansur Fakih untuk menganalisis bentuk ketidakadilan gender dan Masnur Muslich untuk menganalisis nilai pendidikan karakter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketidakadilan gender yang terdapat pada novel tersebut, memiliki 5 aspek, yaitu marginalisasi, subordinasi, stereotype, violence, dan burden. Melalui 5 aspek tersebut, masing-masing diketahui bahwa terdapat 6 marginalisasi, 11 subordinasi, 4 stereotype, 18 violence, dan 11 burden. Sementara, nilai pendidikan karakter pada novel tersebut memiliki 7 aspek, yaitu sadar makhluk hidup, cinta Tuhan, bermoral, bijaksana, pembelajar sejati, mandiri, dan kontributif. Melalui 7 aspek tersebut, masing-masing diketahui ada 5 sadar makhluk hidup, 6 cinta Tuhan, 3 bermoral, 8 bijaksana, 5 pembelajar sejati, 5 mandiri, dan 7 kontributif. Hasil analisis ketidakadilan gender dan nilai pendidikan karakter, novel tersebut layak dijadikan bahan literasi untuk pembelajaran karya sastra siswa, khususnya siswa SMA/SMK.