Tesis ini bertujuan menghasilkan bahan ajar puisi religius dengan metode suggestopedia sebagai upaya penguatan karakter religius siswa dengan metode pembelajaran yang memudahkan pemahaman materi teks puisi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan kualitatif dengan desain penelitian menggunakan metode penelitian pengembangan (R&D). Model penelitian yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari analisis kebutuhan, desain, development (pengembangan), implementasi, dan evaluasi. Sampel penelitian ini merupakan siswa kelas X yang berjumlah 30 siswa X MIPA 1 dari SMA Negeri 2 Tambun Selatan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Tahap penelitian dilakukan melalui prosedur penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk awal, pengujian lapangan awal, revisi produk, pengujian lapangan utama, dan evaluasi.
Hasil penelitian kelayakan bahan ajar dijelaskan sebagai berikut. 1) hasil validasi oleh ahli bahan ajar dengan persentase skor 86% dengan kriteria baik atau layak digunakan, 2) hasil validasi oleh ahli materi ajar dengan persentase skor 85% dengan kriteria baik atau layak, 3) hasil tanggapan kelayakan bahan ajar oleh siswa pada uji coba awal dengan persentase skor 87% dengan kriteria baik, 4) hasil tanggapan kelayakan bahan ajar oleh siswa pada uji coba utama dengan persentase skor 91% dengan kriteria sangat baik dan ada peningkatan kualitas kelayakan dari uji coba awal, 5) hasil efektivitas penguatan subnilai karakter religius siswa dengan persentase skor 93% dengan kriteria sangat baik, dan 6) hasil tes pemahaman materi teks puisi dengan rata-rata skor 87 dengan kriteria tuntas. Hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar puisi religius dengan metode suggestopedia efektif sebagai upaya penguatan karakter religius dan pemahaman materi teks puisi siswa.
|