Tesis ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis naskah drama
melalui konversi teks cerita pendek dengan teknik example non example dan
bagaimanakah peningkatan kemampuan menulis naskah drama melalui konversi teks cerita pendek Menulis diberikan dan dilatihkan pada siswa kelas XI, karena pada usia ini siswa telah memiliki kemampuannya. Dalam menulis naskah drama perlu mendapat perhatian khusus guru bahasa Indonesia karena hal itu merupakan satu diantara empat keterampilan berbahasa yang dianggap paling sulit dipelajari. Teknik example nonexample mampu merangsang minat dan kemampuan siswa dalam proses pembelajaran menulis naskah drama pada siswa kelas XI di SMK Telekomunikasi Telesandi Bekasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif, metode yang digunakan metode penelitian tindakan kelas di kelas XI Multimedia I SMK Telekomunikasi Telesandi Bekasi, jumlah siswa 34 orang. Penelitian ini dapat diterapkan secara umum oleh guru mata pelajaran bahasa indonesia dengan cara kerja sama yang baik antara guru, teman sejawat atau kolaborator dalam kegiatan pembelajaran agar kemampuan menulis naskah drama siswa dapat meningkat, Guru sebagai pengajar, pendidik, pembimbing, fasilitator, pemberi motivasi, dan penilai, harus dapat menyajikan pembelajaran kepada siswa dengan metode dan teknik pembelajaran yang tepat, agar siswa dapat dengan mudah menguasai materi yang akan dipelajari Hasil penelitian yang berupa peningkatan kemampuan dan keterampilan menulis naskah drama melalui teknik example nonexample mengalami peningkatan baik secara proses dan hasil, siswa termotivasi, bebas berkreasi, berekpresi serta lebih aktif melakukan pembelajaran menulis naskah drama dalam bahasa Indonesia. Guru pun lebih aktif dalam melaksakan kegiatan pembelajaran. Brdasarkan hasil penelitian yang berupa peningkatan kemampuan menulis naskah drama melalui teknik example nonexample meningkat. Dengan demikian melalui teknik example nonexample dapat meningkatkan kemampuan menulis naskah drama melaui konversi teks cerita pendek siswa. Pemerolehan menulis
naskah drama siswa kelas XI SMK Telekomunikasi Telesandi Bekasi dapat
dikatakan bahwa teknik example nonexample sangat efektif digunakan untuk
meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas XI SMK Telekomunikasi
Telesandi Bekasi. Penelitian tindakan ini menggunakan tiga siklus dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) Observasi, (2) Perencanaan, (3) Tindakan, (4z) Observasi dan interpretasi, (5) Refleksi. Pada akhir siklus pertama rerata hasil penelitian tindakan ini mencapai skor 78,6 siklus kedua 79, dan siklus ketiga 80,2.
|