Abstrak  Kembali
Penelitian ini menjelaskan faktor dalam kemampuan menulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya (1) korelasi antara penguasaan piranti kohesi bahasa Indonesia dan kemampuan menulis berita, (2) korelasi antara persepsi siswa terhadap aktivitas menulis dan kemampuan menulis berita, serta (3) korelasi antara penguasaan piranti kohesi bahasa Indonesia dan persepsi siswa terhadap aktivitas menulis secara bersama-sama dengan kemampuan menulis berita. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan teknik korelasional. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Swasta Se-Kota Depok. Sampel sebesar 130 siswa yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengambil data adalah tes kemampuan menulis berita, tes penguasaan piranti kohesi bahasa Indonesia dan angket persepsi siswa terhadap aktivitas menulis. Teknik yang digunakan untuk analisis data adalah teknik statistik regresi dan korelasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) ada korelasi positif antara penguasaan piranti kohesi bahasa Indonesia dan kemampuan menulis berita (ry1 = 0,74; t2 = 12,71 dan tt = 1,674 dengan persamaan garis regresi sederhana= 43,91 + 1,60 X1); (2) ada korelasi positif antara persepsi siswa terhadap aktivitas menulis dan kemampuan menulis berita (ry2 = 0,71; t2 = 11,26 dan tt = 1,645 dengan persamaan garis regresi sederhana = 50,67 + 0,27 X2); dan (3) ada korelasi positif antara penguasaan piranti kohesi bahasa Indonesia dan persepsi siswa terhadap aktivitas menulis secara bersama-sama dengan kemampuan menulis berita (Ry12 = 0,86; Fo = 176,16 dan Ft = 3,07 dengan persamaan garis regresi ganda = 28,87 + 1,17 X1 + 0,19 X2).