Buku teks pelajaran merupakan salah satu unsur penting dalam terlaksananya pembelajaran. Tingkat soal dan materi mempengaruhi peserta didik dalam berpikir. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam soal-soal yang ada di dalam buku teks Bahasa Indonesia SMP yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi Kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku pelajaran bahasa Indonesia siswa jenjang SMP terbitan Kemendikbud. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah soal-soal yang mengandung unsur HOTS yang terdapat dalam buku pelajaran Bahasa Indonesia terbitan Kemendikbud. Teknik pengolahan dan analisis data dalam penelitian ini yaitu, pengumpulan data, penentuan sampel, pencatatan, pemilihan atau reduksi, penarikan kesimpulan dan memaparkan/mendeskripsikan muatan HOTS pada buku teks. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah content analysis. Hasil kajian ini menunjukkan level LOTS dan HOTS yang ditemukan dalam soal dan materi buku pelajaran bahasa Indonesia SMP Kemendikbud pada level LOTS C1, C2, C3 dan level HOTS C4, C5, dan C6. Adapun soal LOTS dalam buku teks Bahasa Indonesia terdapat 34 soal dan HOTS terdapat 79 soal. Berdasarkan hal tersebut buku terbitan Kemendikbud layak untuk dijadikan sebagai buku penunjang dalam pembelajaran. Dalam buku teks tersebut sudah terdapat soal-soal yang bermuatan HOTS, soal dan materi yang mengandung HOTS dapat membiasakan siswa untuk berpikir secara kritis.
|