Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi berprestasi dan kemampuan berpikir kreatif dengan keterampilan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII MTSN 13 Jakarta. Penelitian dilakukan dengan subjek penelitian yaitu kelas VII I MTSN 13 Jakarta dengan jumlah 32 siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode korelasi. Masalah penelitian adalah 1) apakah ada hubungan yang positif antara motivasi berprestasi siswa (X1) dengan keterampilan menulis teks cerita fantasi (Y)? 2) apakah ada hubungan yang positif antara kemampuan berpikir kreatif (X2) dengan keterampilan menulis teks cerita fantasi (Y)? 3) apakah ada hubungan yang positif antara motivasi berprestasi siswa (X1) dan
kemampuan berpikir kreatif (X2) secara bersama-sama dengan keterampilan menulis teks cerita fantasi (Y)? Hasil penelitian dapat dijabarkan sebagai berikut: 1) terdapat hubungan yang positif antara motivasi berprestasi siswa (X1) dengan keterampilan menulis teks cerita fantasi (Y). Pernyataan ini dapat dilihat dari taraf sifnifikan 0,05 diperoleh t hitung 5.122 > t tabel 1.697. 2) Ada hubungan yang positif antara kemampuan berpikir kreatif (X2) dengan keterampilan menulis teks cerita fantasi (Y). Pernyataan ini dapat dilihat dari taraf sifnifikan 0,05 diperoleh t hitung 4.911 > t tabel 1.697. 3) Ada hubungan yang positif antara motivasi berprestasi siswa (X1) dan kemampuan berpikir kreatif (X2) secara bersama-sama dengan keterampilan menulis teks cerita fantasi (Y). Pernyataan ini dapat dilihat dari taraf sifnifikan 0,05 diperoleh
F hitung 18.373 > F tabel 3.32. Penelian ini memiliki impilasi yang menunjukkan bahwa keterampilan menulis teks cerita fantasi dipengaruhi oleh motivasi berprestasi dan kemampuan berpikir kreatif yang ada dalam diri siswa.
|