Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan antara kemampuan berpikir kreatif dan kecerdasan emosional dengan kemampuan menulis cerpen (Penelitian Korelasional siswa kelas XI SMK Karya Bangsa Kota Tangerang). Penelitian ini menggunakan metode survei melalui pendekatan studi korelasional. Penelitian dilakukan pada siswa SMK Karya Bangsa Kota Tangerang pada tahun 2021 dengan 30 sampel yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling artinya sampel diambil secara acak dan terpilih kelas XI AK. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik statistik regresi dan korelasi (sederhana dan ganda). Instrumen yang digunakan adalah tes objektif berupa tes kemampuan berpikir kreatif yang terdiri dari tes verbal dan tes figural, tes kecerdasan emosional berupa pilihan ganda, dan tes menulis cerpen berupa penugasan. Setelah deskripsi data, dilakukan pengujian persyaratan analisis data dengan uji normalitas dan uji linearitas. Di dapat X1 dan Y, X2 dan Y, serta X1, X2, dan Y berdistribusi normal serta dinyatakan linear. Selanjutnya, dilakukan uji hipotesis. Pada perhitungan koefisien korelasi X1 dan Y diperoleh nilai 0.9423, X2 dan Y diperoleh nilai 0.941 serta X1, X2, Y diperoleh nilai 0.975 dan dikonsultasikan dengan tabel interpretasi koefisien korelasi. Nilai r di dapat bahwa tingkat hubungan kedua variabel adalah kuat. Lalu, dilakukan uji signifikansi 0,05 dk (n-2). Maka thitung 59,1 > ttabel 1,70 yang berarti H0 ditolak. Oleh karena itu, disimpulkan bahwa ada hubungan antara kemampuan berpikir kreatif dan kecerdasan emosional dengan kemampuan menulis cerpen. Dengan demikian hasil penelitian menunjukkan bahwa ada korelasi positif antara : (1) kemampuan berpikir kreatif dengan kemampuan menulis cerpen, (2) Kecerdasan emosional dengan kemampuan menulis cerpen, (3) kemampuan berpikir kreatif dan kecerdasan emosional secara bersama-sama dengan kemampuan menulis cerpen.