Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan mendeskripsikan keragaman penguatan pendidikan karakter dalam buku teks tematik kelas 2 SD, dan mendeskripsikan kesesuaian isi nilai keragaman pendidikan karakter pada buku teks tema kelas 2 SD dengan Peraturan Presiden No 87 Tahun 2017. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yaitu dengan mendapatkan data secara alamiah meliputi pengumpulan data menggunakan observasi mendeskripsikan fakta - fakta yang kemudian dianalisis. Deskriptif analitik yakni suatu penelitian yang bertujuan untuk memberikan gambaran tentang realitas pada objek yang diteliti secara obyektif pada Buku Tema 1 dan Buku Tema 2B Kelas 2 SD. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pada Buku Tema 1 dan Buku tema 2 kelas 2 SD, terdapat lima nilai penguatan pendidikan karakter siswa yang terbagi dalam setiap sub-bab pada buku tersebut yaitu : a) Karakter Religius, b) Karakter Nasionalis, c) Karakter Integritas, d) Karakter mandiri, e) Karakter Gotong Royong. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat nilai karakter beragam pada Buku Tema 1 dan Buku Tema 2 dan sesuai dengan Perpres 87 Tahun 2017 dan Karakter Prioritas PPK pada Buku Tema 1 dan Buku Tema 2.