Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan mengembangkan desain pembelajaran kolaboratif berbasis online untuk keterampilan menulis argumentatif melalui pendekatan konstruktif. Untuk meningkatkan wawasan dan kreativitas mahasiswa perlu dilakukan terobosan baru yang mengarah pada student-centered learning yang terfokus pada kebutuhan belajar peserta didik. Salah satu strategi/metode yang bisa memenuhi kebutuhan belajar peserta didik adalah pembelajaran kolaboratif/desain pembelajaran online kolaboratif (DPOK). Pengembangan dilakukan berdasarkan hasil analisis terhadap respon mahasiswa melalui angket, wawancara, dan kajian dokumen. Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menganalisis hasil angket dan wawancara, dan kajian dokumen. Metode penelitian ini difokuskan pada pengembangan desain pembelajaran kolaboratif berdasarkan deskripsi kondisi pembelajaran online saat ini dan berdasarkan analisis kebutuhan, serta pengembangan pedoman pembelajaran kolaboratif. Hasil dan temuan yang diperoleh yaitu mahasiswa menyatakan “belum pernah” mengikuti pembelajaran kolaboratif mencapai 17 mahasiswa (54,3%) sedangkan mahasiswa yang menyatakan “pernah 1 kali ” mencapai 7 mahasiswa (22,0%) lalu “pernah 3 kali” ada 5 mahasiswa (20%) dan 2 mahasiswa pernah 2 kali pelatihan (3,7%). Demikian pula, hasil survei menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa memilih opsi sangat setuju dan setuju terhadap rancangan desain pembelajaran kolaboratif untuk meningkatkan keterampilan menulis argumentatif.