Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh permainan Treasure Hunt dan sikap sosial terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada pembelajaran IPS di Gugus Bima Sakti Kecamatan Koja. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan rancangan desain faktorial 2 x 2. Populasi penelitian ini sebanyak 64 orang siswa, yang terdiri dari 32 orang siswa yang belajar menggunakan permainan Treasure Hunt dan 32 orang siswa yang belajar menggunakan permainan Kartu Bergambar. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan teknik sampel jenuh. Instrumen penelitian berupa angket sikap sosial sebanyak 25 butir pernyataan dan soal tes uraian kemampuan berpikir kritis. Uji validitas instrumen berbantuan SPSS menggunakan rumus Korelasi Product Moment diperoleh 25 soal valid untuk angket sikap sosial dan 10 soal valid untuk kemampuan berpikir kritis. Uji reliabilitas angket sikap sosial dan tes kemampuan berpikir kritis berbantuan SPSS menggunakan rumus Cronbach’s Alpha. Reliabilitas angket sikap sosial adalah 0,856 dan soal tes kemampuan berpikir kritis adalah 0,715. Keduanya termasuk ke dalam kategori tinggi. Berdasarkan pengujian, instrumen penelitian reliabel dan layak untuk digunakan. Uji hipotesis pertama menggunakan Uji Anava Dua Jalur diperoleh nilai Sig. = 0,002 < 0,05 maka Ho ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat pengaruh media pembelajaran permainan Treasure Hunt terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V di Gugus Bima Sakti Kecamatan Koja. Uji hipotesis kedua menggunakan Uji Anava Dua Jalur diperoleh nilai Sig. = 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat pengaruh sikap sosial terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V di Gugus Bima Sakti Kecamatan Koja. Uji hipotesis ketiga menggunakan Uji Anava Dua Jalur diperoleh nilai Sig. = 0,510 > 0,05 maka Ho diterima dan H1 ditolak, artinya tidak ada interaksi pengaruh permainan Treasure Hunt dan sikap sosial terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPS siswa kelas V di Gugus Bima Sakti Kecamatan Koja.