Abstrak  Kembali
Tujuan utama dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh gender dan minat baca terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV Wilayah Binaan 4 Kecamatan Cilincing. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data yang berhasil dikumpulkan akan dianalisis teknik Analisis Jalur. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV Wilayah Binaan empat Kecamatan Cilincing yang terdiri dari enam sekolah. Sampel dalam penelitian ini melibatkan 226 responden yang merupakan siswa laki-laki serta siswa perempuan dengan minat rendah dan tinggi yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Subjek selanjutnya mengisi instrumen penelitian berupa angket minat baca dan soal tes kemampuan membaca pemahaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel gender secara parsial terhadap kemampuan membaca pemahaman. Hasil dari uji hipotesis menyatakan bahwa nilai signifikansi antara gender terhadap kemampuan membaca pemahaman adalah 0,000 lebih kecil dari nilai α (0,05). (2) Terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel minat baca secara parsial terhadap kemampuan membaca pemahaman. Hasil dari uji hipotesis menyatakan bahwa nilai signifikansi antara minat baca terhadap kemampuan membaca pemahaman adalah 0,000 lebih kecil dari nilai α (0,05). (3) Terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel gender dan minat baca secara simultan terhadap kemampuan membaca pemahaman Berdasarkan Uji F didapat nilai sig. yaitu 0,000 < 0,05, maka variabel gender dan minat baca secara simultan berpengaruh terhadap variabel kemampuan membaca pemahaman.