Abstrak  Kembali
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan R&D karena dalam penelitian ini akan menghasilkan inovasi pembelajaran menggunakan VR yang berupa media pembelajaran interaktif dalam mata pelajaran sejarah Dimana peneliti terlibat secara tidak langsung pada sebagian proses penelitian dengan hasil penelitian berupa laporan. Dengan demikian peneliti tidak sepenuhnya terlibat pada proses penelitian. Selanjutnya peneliti memantau, mewawancara, melakukan tes, mengambil dokumentasi serta mencatat dan mengumpulkan data, berakhir dengan melaporkan penelitian. Dalam penelitian ini peneliti bertindak sebagai pengamat selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Kemudian peneliti juga mengumpulkan data dengan melakukan wawancara dan pengamatan. Peneliti dibantu oleh teman sejawat dan guru mata pelajaran sejarah dalam melakukan observasi dan membuat catatan lapangan saat peneliti melakukan observasi. Selanjutnya peneliti menganalisa data yang telah diperoleh dan membuat deskripsi. Hasil penelitian menunjukan bahwa VR merupakan Inovasi pembelajaran sejarah di SMA Plus PGRI Cibinong sudah berjalan dengan baik. Hal ini dapat terlihat dari proses pembelajaran siswa sangat antusias dalam kegiatan pembelajaran, dan banyak penemuan penemuan materi baru yang di temukan selama pembelajaran. Pembelajaran dengan menggunakan link langsung yang dibuat oleh sekolah berupa Laboratorium Virtual Sejarah SMA Plus PGRI Cibinong. Terbukti bahwa sekolah ini sudah mengunakan pembelajaran yang inovasi dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas dengan menggunakan teknologi. Inovasi pembelajaran sejarah menggunakan VR di SMA Plus PGRI Cibinong sangat cocok untukdigunakan dalam kurikulum merdeka, dimana 6C yang ditekan kan dalam kurikulum merdekaterjawab dalam proses pembelajaran