Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan R&D karena dalam penelitian
ini akan menghasilkan inovasi pembelajaran menggunakan VR yang berupa media
pembelajaran interaktif dalam mata pelajaran sejarah Dimana peneliti terlibat secara tidak
langsung pada sebagian proses penelitian dengan hasil penelitian berupa laporan. Dengan
demikian peneliti tidak sepenuhnya terlibat pada proses penelitian. Selanjutnya peneliti
memantau, mewawancara, melakukan tes, mengambil dokumentasi serta mencatat dan
mengumpulkan data, berakhir dengan melaporkan penelitian. Dalam penelitian ini peneliti
bertindak sebagai pengamat selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Kemudian peneliti
juga mengumpulkan data dengan melakukan wawancara dan pengamatan. Peneliti dibantu oleh
teman sejawat dan guru mata pelajaran sejarah dalam melakukan observasi dan membuat
catatan lapangan saat peneliti melakukan observasi. Selanjutnya peneliti menganalisa data
yang telah diperoleh dan membuat deskripsi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa VR merupakan Inovasi pembelajaran sejarah di
SMA Plus PGRI Cibinong sudah berjalan dengan baik. Hal ini dapat terlihat dari proses
pembelajaran siswa sangat antusias dalam kegiatan pembelajaran, dan banyak penemuan
penemuan materi baru yang di temukan selama pembelajaran. Pembelajaran dengan
menggunakan link langsung yang dibuat oleh sekolah berupa Laboratorium Virtual Sejarah
SMA Plus PGRI Cibinong. Terbukti bahwa sekolah ini sudah mengunakan pembelajaran yang inovasi dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas dengan menggunakan teknologi. Inovasi pembelajaran sejarah menggunakan VR di SMA Plus PGRI Cibinong sangat cocok untukdigunakan dalam kurikulum merdeka, dimana 6C yang ditekan kan dalam kurikulum merdekaterjawab dalam proses pembelajaran
|