Penelitian bertuJuan untuk mengetahu.i kesiapan sekolah dalam Implementasi
Kurikulum Merdeka khususnya pada pernbelajaran ilmu-ilrnu sosial, dalam
penelitian ini k1ta bisa mengetahui kesiapan sekolah, strategi dan adaptasi para
guru ilmu-ilmu sosial dalam implementasi Kurikulum Merdeka. Lokasi penelitian
di SMA Mathlaul Huda, Kecamatan Parungpanjang, Kabupaten Bogor, Provinsi
Jawa Barat.
Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif studi kasus. Subjek
penelitian adalah kepala sekolah, kurilrulum, guru-guru Ilmu Sosial dan siswa dari
fase E. Pengu.mpulan data yang digunakan melalui observasi, analisis buku atau
artikel yang berkaitan dengan kurikulum merdeka serta wawancara.
Hasil penelitian dapat dideskripsikan tentang ke.siapan sekolah, adaptasi dan
strategi tentang implementasi kurikulum merdeka yang dibadapi oleh kepala
sekolah, kurikulum, guru Ilmu-ilmu sosial dan siswa. Kepala sekolah sebagai
pemegang keputusan dalam mengambil Langkah dalam perubahan kurikulum,
wakil kepala sekolah bidang kurikulum mempersiapkan segala sesuatu yang harus
disiapkan dalam perubahan kurikulum, guru bidang _ilrnu sosial mempunyai
adaptasi dan strategi dalam rnenghadapi perubahan kurikulum, serta siswa
mendapatkan hasil dari perubahan kurikulum tersebut. Sekolah SMA Mathlaul
Huda sangat s1ap dalam implementasi Kurikulum Merdeka karena sekolah
tersebut sudah menjadi Sekolah Penggerak, kepala sekolah membentuk Komite
Pembelajaran, sekolah mendapatkan dana untuk implernentasi Kurikulum
Merdeka sebesar RP. 120.000.000ffahun, sekolah juga mengikuti beberapa
pelatihan yang di ikuti komite pembelajaran Sekolah Penggerak tentang
implementasi Kurikulum Merdeka, para guru mengikuti pelatihan tentang
implementasi Kurikulurn Merdeka yang dilaksanakan oleh sekolah, para guru
ilmu-ilmu sosial sangat siap menghadapi implementasi Kurikulum Merdeka
karena sekolah menyediakan persiapan-persiapan untuk implernentasi Kurikulum
Merdeka.
|