Abstrak  Kembali
Penelitian bertuJuan untuk mengetahu.i kesiapan sekolah dalam Implementasi Kurikulum Merdeka khususnya pada pernbelajaran ilmu-ilrnu sosial, dalam penelitian ini k1ta bisa mengetahui kesiapan sekolah, strategi dan adaptasi para guru ilmu-ilmu sosial dalam implementasi Kurikulum Merdeka. Lokasi penelitian di SMA Mathlaul Huda, Kecamatan Parungpanjang, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif studi kasus. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, kurilrulum, guru-guru Ilmu Sosial dan siswa dari fase E. Pengu.mpulan data yang digunakan melalui observasi, analisis buku atau artikel yang berkaitan dengan kurikulum merdeka serta wawancara. Hasil penelitian dapat dideskripsikan tentang ke.siapan sekolah, adaptasi dan strategi tentang implementasi kurikulum merdeka yang dibadapi oleh kepala sekolah, kurikulum, guru Ilmu-ilmu sosial dan siswa. Kepala sekolah sebagai pemegang keputusan dalam mengambil Langkah dalam perubahan kurikulum, wakil kepala sekolah bidang kurikulum mempersiapkan segala sesuatu yang harus disiapkan dalam perubahan kurikulum, guru bidang _ilrnu sosial mempunyai adaptasi dan strategi dalam rnenghadapi perubahan kurikulum, serta siswa mendapatkan hasil dari perubahan kurikulum tersebut. Sekolah SMA Mathlaul Huda sangat s1ap dalam implementasi Kurikulum Merdeka karena sekolah tersebut sudah menjadi Sekolah Penggerak, kepala sekolah membentuk Komite Pembelajaran, sekolah mendapatkan dana untuk implernentasi Kurikulum Merdeka sebesar RP. 120.000.000ffahun, sekolah juga mengikuti beberapa pelatihan yang di ikuti komite pembelajaran Sekolah Penggerak tentang implementasi Kurikulum Merdeka, para guru mengikuti pelatihan tentang implementasi Kurikulurn Merdeka yang dilaksanakan oleh sekolah, para guru ilmu-ilmu sosial sangat siap menghadapi implementasi Kurikulum Merdeka karena sekolah menyediakan persiapan-persiapan untuk implernentasi Kurikulum Merdeka.