Penerapan kurikulum merdeka dalam kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sangat penting dalam pembentukan karakter siswa. SMP Muhammadiyah Ekosari menerapkan Projek Profil Pelajar Pancasila dengan mengangkat tema kearifan lokal Tarian Lego-Lego. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Perencanaan Tarian Lego-lego pada Projek Profil Pelajar Pancasila di SMP Muhammadiyah Ekosari Alor Kecil Kabupaten Alor Proses, 2) pelaksanaan Tarian Lego-Lego sebagai Pendidikan Karakter pada Projek Profil Pelajar Pancasila di SMP Muhammadiyah Ekosari, 3) Nilai-nilai kearifan lokal Tarian Lego-lego sebagai Pendidikan karakter pada Projek Profil Pelajar Pancasila di SMP Muhammadiyah Ekosari.
Penelitian ini di laksanakan di SMP Muhammadiyah Ekosari Desa Alor Kecil Kab. Alor Provinsi Nusa Tenggara Timur. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi Data.
|