Abstrak  Kembali
enelitian ini bertujuan untuk menganalisis konten novel sejarah Bumi Manusia dan pemanfaatannya sebagai sumber belajar bagi siswa Kelas XI, terutama dalam upaya mempelajari masa-masa awal pergerakan nasional pada awal abad ke-20. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis konten atau content analysis. Teknik analisis data yang digunakan observasi, wawancara mendalam dan studi literatur. Informan kunci (key informan) dalam penelitian ini adalah guru pada mata pelajaran sejarah serta peserta didik. Dalam menganalisis data, teknik analisis yang digunakan adalah analisis isi model Miles & Huberman, di mana seluruh data dianalisis sesuai tahap-tahapnya untuk selanjutnya direduksi dan diiinterpretasikan. Selanjutnya data akan disajikan serta diakhiri dengan penarikan kesimpulan. Untuk menjamin validitas data, triangulasi sumber data digunakan sebagai teknik validitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Novel sejarah Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer memiliki kesamaan tema dengan pelajaran sejarah Kelas XI, terutama yang berkaitan dengan masa pergerakan nasional; (2) Pengintegrasian novel sejarah Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer dapat dilakukan dengan penyusunan RPP sehingga proses pembelajaran dapat berjalan maksimal; (3) Tahap persiapan, pelaksanaan, dan tahap evaluasi mempunyai peran penting dalam rangka mewujudkan proses pembelajaran yang efektif; (4) Faktor pendukung pemanfaatan novel sejarah sebagai bahan belajar adalah minat baca yang telah inheren dalam diri guru, sementara faktor penghambatnya ialah minimnya ketersediaan bahan pustaka, terutama novel-novel sejarah yang bisa memermudah guru dalam mengakses bahan pustaka novel sejarah.