Penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) memberikan ruang lebih luas kepada peserta didik untuk dapat belajar dalam suasana gembira (joyfull learning). Kurikulum merdeka lebih menekankan pada proses pembelajaran yang menciptakan suasana pembelajaran demokratis dengan
peserta didik sebagai fokus dalam pembelajaran. Dalam penerapannya guru SDN Ragunan 01 80% belum memahami proses belajar menggunakan model
pembelajaran yang sesuai karakteristik peserta didik, sehingga metode ceramah yang berpusat pada guru masih mendominasi. Akibatnya tingkat retensi kognitif peserta didik belum maksimal, hal ini mengakibatkan motivasi belajar rendah. Motivasi tersebut berasal dari dalam dan luar diri peserta didik. Dalam konteks pembelajaran motivasi menjadi hal yang tidak kalah pentingnya karena dapat mempengaruhi minat dan semangat peserta didik dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament terhadap retensi kognitif peserta didik pada mata pelajaran IPS kelas 4 Sekolah Dasar, (2) menganalisis apakah terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap peningkatan retensi kognitif peserta didik kelas 4 Sekolah Dasar, (3) menganalisis apakah terdapat interaksi Model Pembelajaran Teams Games Tournament dan motivasi belajar terhadap retensi kognitif peserta didik.
Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif,dengan pendekatan eksperimen desain faktorial 2x2. Penelitian dilaksanakan di SDN Ragunan 01
dengan sampel penelitian kelas 4 berjumlah 40 peserta didik, dengan sampel kelas eksperimen adalah 20 peserta didik. Kelas kontrol 20 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pemberian tes soal dan angket motivasi belajar peserta didik. Analisis pengujian instrumen dilakukan melalui uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis dengan uji Anova dua arah dan uji Tukey. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dan analisis data, disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap retensi kognitif peserta didik pada mata pelajaran IPS (2) terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap peningkatan retensi kognitif peserta didik (3) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap retensi kognitif mata pelajaran IPS. Secara umum, disimpulkan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dan Direct Learning berpengaruh terhadap retensi kognitif peserta didik pada mata pelajaran IPS.
|