Abstrak  Kembali
TRI SUPARNI. Hubungan antara Keterampilan Manajerial Kepala Sekolahdan Profesionalitas Guru dengan Mutu Layanan Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan di Jakarta Selatan. Tesis: Sekolah Pascasarjana Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Jakarta 2012. Penelitian ini bermaksud untuk menguji, mengkaji, dan menganalisis adanya hubungan keterampilan manajerial kepala sekolah dan profesionalitas guru dengan mutu layanan pendidikan. Hipotesis yang diuji adalah: (1) terdapat hubungan positif antara kemampuan manajerial kepala sekolah dengan mutu layanan pendidikan, (2) terdapat hubungan positif antara profesionalitas guru dengan mutu layanan pendidikan, dan (3) terdapat hubungan positif antara keterampilan manajerial kepala sekolah dan profesionalitas guru secara bersama-sama dengan mutu layanan pendidikan. Populasi target dalam penelitian ini sebanyak 161 orang. Selanjutnya sampel yang diambil adalah khusus guru PNS dengan menggunakan rumus Slovin untuk menentukan populasi terjangkau, sehingga guru yang dijadikan sampel adalah 115 orang dengan sebarannya yaitu pada SMK Negeri 8 Jakarta sebanyak 35 orang, SMK Negeri 18 Jakarta sebanyak 29 orang,SMK Negeri 20 Jakarta sebanyak 27 orang, dan SMK Negeri 41 Jakarta sebanyak 20 orang. Dalam menentukan sampel penulis menggunakan tehnik acak sederhana secara proposional. Untuk uji coba instrumen sampel yang digunakan sebanyak 30 orang guru, yang diambil diluar sampel penelitian. Uji coba dilakukan untuk mengukur tingkat validitas instrumen yang dihitung dengan menggunakan rumus Produc Moment dan mengukur tingkat reliabilitas instrumen yang dihitung dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Untuk uji validitas kriteria pengujiannya adalah rhitung>rkritis pada = 0,05 = 0,361 maka instrumen dikatakan valid. Sesuai perhitungan hasil uji coba instrumen menunjukkan bahwa rhitung yang diperoleh adalah lebih besar dari rkritis sehingga instrumen dikatakan valid, kecuali pada item pertanyaan/pernyataan nomor 1, 4, 23 dan 34 pada variabel Y, item nomor 6 dan 20 pada variabel X1 dan pada item nomor 10 dan 16 pada variabel X2 sehingga item-item tersebut selanjutnya tidak dapat digunakan dalam penelitian.Sedangkan untuk uji reliabilitas kriteria yang digunakan adalah nilai Alpha Cronbach yang diperoleh pada rhitung> rtabel maka instrumen dinyatakan reliabel. Sesuai hasil uji reliabilitas dapat diketahui bahwa nilai Alpha Cronbach yang diperoleh untuk variabel mutu layanan pendidikanrhitung= 0,957, untuk variabel keterampilan manajerial kepala sekolah rhitung0,971, dan untuk variabel profesionalitas guru rhitung= 0,948.Berdasarkan pada hasil pengujian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa itemitem pada semua variabel dinyatakan reliabel. Untuk hasil penelitian dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut: Pertama terdapat hubungan positif antara keterampilan manajerial kepala sekolah dengan mutu layanan pendidikan dengan persamaan regresi , dengan koefisien korelasi ry1 = 0,6343 dan koefisien determinasi D = (ry1)2 = 0,4023signifikan pada = 0,05. Kedua terdapat hubungan yang positif antara profesionalitas guru dengan mutu layanan pendidikan dengan persamaan regresi , dengan koefisien korelasi ry2 = 0,3294 dan koefisien determinasi D = (ry2)2 = 0,1085 signifikan pada = 0,05. Ketiga terdapat hubungan positif antara keterampilan manajerial kepala sekolah dan profesionalitas guru secara bersama-sama dengan mutu layanan pendidikan dengan persamaan regresi , dengan koefisien korelasi Ry12 = 0,6505 dan koefisien determinasi R2 = 0,4232 signifikan pada = 0,05. Dengan demikian maka dapat dikatakan bahwa antara keterampilan manajerial kepala sekolah dan profesionalitas guru baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama dapat memberi sumbangan yang sangat berarti dalam upaya meningkatkan mutu layanan pendidikan, sehingga diharapkan agar hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan dalam membangun sebuah sekolah yang kuat dan mandiri demi tercapainya tujuan sekolah secara efektif dan efisien.