| 
      Penelitian ini dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi siswa kelas IV SD Islam Nurul Hidayah terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang rendah dan media pembelajaran yang digunakan belum mendukung sehingga perlunya pengembangan maka penelitian ini juga bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa media pembelajaran PowerPoint interaktif berbasis kemampuan berpikir tingkat tinggi untuk siswa sekolah dasar dengan tujuan meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa melalui media pembelajaran yang dikembangkan dengan materi pengaruh gaya terhadap benda. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Islam Nurul Hidayah sebanyak 24 siswa. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuisioner atau angket dan instrumen tes. Uji validitas produk dilakukan oleh ahli media, ahli materi, guru kelas dan juga respon siswa, untuk keefektifan media dapat dilihat dari hasil pre-test dan post-test siswa. Hasil penelitian ini adalah: (1) media pembelajaran PowerPoint interaktif berbasis kemampuan berpikir tingkat tinggi yang dikembangkan menggunakan software PowerPoint (2) uji validitas ahli media memperoleh hasil sebesar 97 %, uji validitas ahli materi memperoleh hasil sebesar 82 %, uji validitas guru kelas memperoleh hasil sebesar 81% dan juga hasil angket respon siswa dalam menggunakan media powerpoint interaktif gaya memperoleh hasil sebesar 90% maka hasil tersebut dapat dikategorikan sangat layak; (3) keefektifan media powerpoint interaktif gaya dapat dilihat dari nilai rata-rata pre-test sebesar 44 dan post-test sebesar 86. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran PowerPoint
interaktif berbasis kemampuan berpikir tingkat tinggi layak untuk digunakan dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.
     |