Abstrak  Kembali
Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Gugus 5 Golo Mongkok tentang Pengaruh Penggunaan LKPD Berbasis CTL dan Kemampuan Berpikir Kreatif terhadap hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS kelas IV . penelitian ini dilatarbelakangi oleh bahan ajar yang di gunakan tidak ada hanya buku-buku paket dan belum bisa menigkatkan berpikir kreatif peserta didik untuk mempelajari mater IPAS khususnya materi tentang Energi Dalam Kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh Penggunaan LKPD Berbasis CTL dan Kemampuan Berpikir Kreatif terhadap hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS kelas IV Sekolah Dasar Gugus 5 Golo Mongkok Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain factorial 2x2. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pemberian tes uraian berpikir kreatif dan Tes pilihan Ganda untuk hasil belajar. Analisis terdiri dari pengujian instrument selanjutnya dilakukan uji prasyarat analisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis dengan uji ANOVA . Uji validitas instrumen berbantuan SPSS menggunakan rumus Korelasi Product Moment diperoleh 5 soal valid untuk kemampuan berpikir kreatif dan 18 soal valid untuk Hasil Belajar IPA. Berdasarkan pengujian, instrumen penelitian reliabel dan layak untuk digunakan. Uji hipotesis pertama menggunakan Uji Anava Dua Jalur diperoleh nilai Sig. = 25,02 < 0,05 sebesar 4,149 maka Ho ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat pengaruh Penggunaan LKPD Berbasis CTL terhadap Hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar. Uji hipotesis kedua menggunakan Uji Anava Dua Jalur diperoleh nilai Sig. = 9,59 < 0,05 sebesar 4,149 maka Ho ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat pengaruh kemampuan berpikir Kreatif terhadap Hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar. Uji hipotesis ketiga menggunakan Uji Anava Dua Jalur diperoleh nilai Sig. = 1,42 > 0,05 sebesar 4,149 maka Ho diterima dan H1 ditolak, artinya tidak ada interaksi pengaruh Penggunaan LKPD Berbasis CTL dan kemampuan berpikir kreatif terhadap Hasil Belajar IPA siswa kelas IV Sekolah Dasar.