Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa komik digital bermuatan Profil Pelajar Pancasila yang dapat digunakan untuk meningkatkan minat dan antusiasme siswa dalam membaca materi bacaan yang sesuai dengan usia perkembangan dan minat baca siswa, sehingga pembelajaran dapat lebih bermakna. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran komik digital bermuatan Profil Pelajar Pancasila pada mata belajaran Bahasa Indonesia untuk siswa kelas IV sekolah dasar, karakteristik pengembangan, dan efektifitasnya pada materi wawancara di SDN Tugu Utara 09. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang mencakup 5 tahapan pengembangan, yaitu analisis, perancangan, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Pengujian produk terdiri atas uji validitas ahli yang terdiri dari 2 ahli media, 2 ahli materi dan konstruk, dan 1 guru. Uji coba lapangan dilaksanakan dengan uji coba satu-satu dengan 3 responden, uji kelompok kecil melibatkan 15 responden, dan uji coba kelompok besar yang terdiri dari 30 responden. Selain itu, uji kelayakan muatan Profi Pelajar Pancasila juga dilakukan dengan melibatkan 1 ahli muatan Profi Pelajar Pancasila dan respon pengguna yang terdiri dari 30 responden. Efektifitas media pembelajaran diukur dengan menganalisis hasil pre-test dan post-test peserta didik. Pengumpulan data menggunakan triangulasi data yang berupa observasi, wawancara, dan angket. Data dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pengembangan ini adalah media pembelajaran komik digital bermuatan Profil Pelajar Pancasila. Hasil validasi ahli media dengan skor 4,65 dengan persentase 93% dan kriteria “Sangat Layak” Hasil validasi ahli materi dan konstruk 4,60 dan persertase 92% dengan kriteria “Sangat Layak”. Hasil validasi ahli pembelajaran skor rerata 4,90 dengan persentase 98% dengan kriteria “Sangat Layak”. Pada uji coba lapangan tentang minat baca siswa oleh 30 responden didapatkan rerata 4,76 dengan pada persentase 95% dengan kriteria “Sangat Layak”. Pada hasil penilaian ahli tentang muatan Profi Pelajar Pancasila mendapatkan rerata skor 4,67 dengan persentase 93% dengan kriteria “Sangat Efektif” dan hasil respon peserta didik tentang muatan nilai karakter dengan rerata skor 4,63 persentase 93% dengan kriteria “Sangat Efektif”. Hasil uji rerata skor awal pre-test 39 dengan persentase 39% meningkat menjadi skor post-test 83 dengan persentase 83% dalam kategori “Sangat Efektif” membuktikan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan efektif meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Tugu Utara 09.