Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh problem based learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas V Sekolah Dasar tahun ajaran 2022/2023. Data sampel yang digunakan adalah 60 peserta didik kelas V. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif “Quasi Eksperimental Design”. Variabel penelitian ini terdiri dari dua variabel bebas yaitu model pembelajaran based learning ( pbl ) sebagai variabel (X1), motivasi belajar sebagai variabel (X2), dan satu variabel terikat yaitu kemampuan berpikir kritis IPA sebagai variabel (Y). Berdasarkan hasil hipotesis dan analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 tolak H0, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V pada mata pelajaran IPA di sekolah dasar. (2) nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 tolak H0, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh motivasi belajar peserta didik terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V pada mata pelajaran IPA di sekolah dasar (3) nilai signifikansi sebesar 0,006 < 0,05 tolak H0, disimpulkan bahwa terdapat terdapat interaksi antara pengaruh penerapan modeL Pembelajaran Based Learning ( PBL) dan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V pada mata pelajaran IPA Sekolah Dasar.