Abstrak  Kembali
Pentingnya kemampuan berpikir kreatif, sikap spiritual, dan literasi digital di era saat ini harus dimiliki oleh seluruh peserta didik dimulai dari jenjang sekolah dasar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengungkap seberapa besar hubungan antara sikap spiritual dan literasi digital dengan kemampuan berfikir kreatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasinya adalah seluruh peserta didik yang ada di Kecamatan Pulogadung yang tersebar di 36 Sekolah Dasar Negeri (SDN). Sedangkan sampelnya adalah peserta didik kelas IV di beberapa SDN di Kecamatan Pulogadung. Untuk menentukan besar sampel, penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dengan teknik Slovin sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 115 peserta didik. Peserta didik tersebar pada beberapa wilayah binaan di Kecamatan Pulogadung. Penelitian ini menggunakan pendekatan teknik analisis product moment, korelasi berganda, dan analisis regresi linier berganda. Pengumpulan data untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif peserta didik dilakukan dengan menggunakan tes essay soal PKN dengan topik menjalankan ajaran agama yang dianutnya. Sementara itu data untuk sikap spiritual dan literasi digital diperoleh dari angket. Analisis data dengan uji regresi liner berganda menyimpulkan bahwa (1) terdapat hubungan yang signifikan antara Sikap Spiritual dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Topik Menjalankan Ajaran Agama yang Dianutnya di SDN Kecamatan Pulogadung rhitung 0,371 > r tabel 0,1528 dengan taraf hubungan sedang; (2) terdapat hubungan yang signifikan antara Literasi Digital dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Topik Menjalankan Ajaran Agama yang Dianutnya di SDN Kecamatan Pulogadung rhitung 0,405 > rtabel 0,1528 dengan taraf hubungan sedang; (3) terdapat hubungan yang signifikan Sikap Spiritual dan Literasi Digital dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Topik Menjalankan Ajaran Agama yang Dianutnya di SDN Kecamatan Pulogadung rhitung 0,406 > rtabel 0,1528 dengan taraf hubungan sedang.