Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran dan minat belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas IV SDN Tugu Utara 07. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan rancangan desain faktorial 2 x 2. Populasi penelitian ini sebanyak 64 orang siswa, yang terdiri dari 32 orang siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan 32 orang siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran ekspositori. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan teknik sampel jenuh. Instrumen penelitian berupa angket minat belajar sebanyak 25 soal yang terdiri dari pernyataan positif dan pernyataan negatif, dan 10 soal tes uraian untuk kemampuan berpikir kreatif matematis. Uji validitas instrumen berbantuan SPSS menggunakan rumus Korelasi Product Moment diperoleh 17 soal valid untuk angket minat belajar dan 9 soal valid untuk kemampuan berpikir kreatif matematis. Uji reliabilitas instrumen minat belajar dan kemampuan berpikir kreatif matematis berbantuan SPSS menggunakan rumus Cronbach’s Alpha. Reliabilitas soal tes minat belajar adalah 0,887 dan reliabilitas soal tes kemampuan berpikir kreatif matematis adalah 0,807 Keduanya termasuk ke dalam kategori tinggi. Berdasarkan pengujian, instrumen penelitian reliabel dan layak untuk digunakan. Uji hipotesis pertama menggunakan Uji Anova Dua Jalur diperoleh nilai Sig. = 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas IV SDN Tugu Utara 07. Uji hipotesis kedua menggunakan Uji Anava Dua Jalur diperoleh nilai Sig. = 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat pengaruh minat belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas IV SDN Tugu Utara 07. Uji hipotesis ketiga menggunakan Uji Anova Dua Jalur diperoleh nilai Sig. = 0,887 > 0,05 maka Ho diterima dan H1 ditolak, artinya tidak ada interaksi pengaruh model pembelajaran dan minat belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas IV SDN Tugu Utara 07.