Abstrak  Kembali
Pembelajaran matematika belum menggunakan media pembelajaran interaktif secara maksimal, kecenderungan pembelajaran hanya menggunakan alat peraga sederhana dalam pemberian materi matematika, peserta didik belum terlihat aktif dalam kegiatan belajar mengajar, perbedaan hasil belajar siswa jenis kelamin laki-laki dan perempuan yang diberikan guru selama proses pembelajaran, dan kurangnya kemampuan literasi numerasi matematika sehingga siswaterlihat ragu, takut mengemukakan pendapat dan mengajukan pertanyaan. Tesis ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh media pembelajaran interaktif dan jenis kelamin terhadap literasi numerasi matematika siswa kelas V SDN Duren Sawit 07 Pagi tahun pelajaran 2023/2024. Sampel penelitian terdiri dari 64 siswa yang terbagi menjadi dua kelompok, dimana 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan 32 siswa sebagai kelas kontrol. Penelitian ini tergolong dalam jenis penelitian eksperimen yang menggunakan quasieksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian terdiri dari dua variabel bebas yaitu media pembelajaran interaktif (X1) dan jenis kelamin (X2) serta variabel terikat yaitu literasi numerasi matematika (Y).