Tesis ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh model Problem Based Learning (PBL)terhadap keterampilan berfikir tingkat tinggi kelas 4 SDN Ujung Menteng 01 Pagi pada mata pelajaran IPA, pengaruh sikap ilmiah terhadap keterampilan berfikir tingkat tinggi kelas 4 SDN Ujung Menteng 01 Pagi pada mata pelajaran IPA dan interaksi penerapan model Problem Based Learning (PBL) dan sikap ilmiah peserta didik terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas 4 SDN Ujung Menteng 01 Pagi. Metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatid dengan pendekatan ANOVA. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 63 Siswa dimana terdapat dua kelas penelitian yakni kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan masing-masing berjumlah 31 dan 32 siswa. Sampel yang digunakan adalah keseluruhan jumlah populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan test dan angket. Hasil penelitian menjelaskan bahwa pada variabel model pembelajaran PBL memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,005. Dengan demikian maka hipotesis menerima HA0 dan menolak HA1 yang artinya terdapat pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Mata Pelajaran IPA SDN Ujung Menteng 01 Pagi. Kemudian berdasarkan hasil pada variabel Sikap Ilmiah memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,005. Dengan demikian maka hipotesis menerima HB0 dan menolak HB1 yang artinya terdapat pengaruh Sikap Ilmiah terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Mata Pelajaran IPA SDN Ujung Menteng 01 Pagi. Selanjutnya, nilai interaksi model pembelajaran dan sikap ilmiah sebesar 0,145 lebih besar dari 0,005. Dengan demikian maka maka hasil uji ini menolak hipotesis HC0 dan menerima HC1 yang artinya tidak terdapat interaksi penerapan model Problem Based Learning (PBL) dan sikap ilmiah peserta didik terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas 4 SDN Ujung Menteng 01 Pagi.
|