Tujuan penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran Bintarya (Bingo Tata Surya) khususnya pada materi tata surya pada kelas VI Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Research And Development (RnD) melalui pendekatan Analysis, Design, Development, Implementation, Dan Evaluation (ADDIE). Tingkat kelayakan dan kepraktisan melalui tahapan analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi yang fokus penelitiannya pada materi tata surya didasarkan pada uji coba kelayakan dan kepraktisan produk dengan responden dalam implementasi yaitu uji validasi ahli, angket respon guru dan peserta didik. Penelitian ini mununjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran Bintarya (Bingo Tata Surya) pada materi tata surya kelas VI Sekolah Dasar layak dan praktis digunakan di SDN Jelambar 03 Pagi. Penelitian ini diukur melalui evaluasi sederhana dalam mengukur ketercapaian motivasi belajar peserta didik didasarkan pada uji statistik yang menyatakan nilai r-tabel dalam penelitian ini dimana N = 30 dan sig. 0,05 sebesar 0,361. Dari hasil uji validitas pada tabel diatas diketahui pada variabel kelayakan memiliki nilai r-hitung > r-tabel maka dapat dikatakan bahwa seluruh item pernyataan yang ada pada variabel kelayakan valid dan dapat digunakan sebagai alat ukur dalam penelitian. Dari hasil uji reliabilitas diketahui nilai Cronbach's Alpha pada variabel kelayakan sebesar 0,850n > 0,6 dan pada variabel kepraktisan sebesar 0,973 > 0,6 dan bersifat konsisten atau reliabel. Pada implementasi produk
mengalami peningkatan pada motivasi belajar peserta didik, sebelum mendapat perlakuan sebesar 56,7 % dan setelah perlakuan rata-rata skor meningkat menjadi 93,3 %. Hasil analisis yang mengukur motivasi belajar memiliki motivasi rendah sebanyak 2 orang atau 6,7%, motivasi sedang sebanyak 27 atau 90%, dan motivasi tinggi sevabyak 1 atau 3,3%. Hal ini dapat diartikan bahwa penerapan Media pembelajaran Bintarya (Bingo Tata Surya) sudah cukup baik dalam menaikan motivasi siswa dalam belajar mata pelajaran IPA.
|