Abstrak  Kembali
Penelitian ini berjudul Evaluasi Implementasi Program Tahfidz Al Quran Dalam Meningkatkan Sikap Spiritual Siswa di SD Islam Darussalam Cikunir Kota Bekasi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi dan keberhasilan dari Program Tahfidz Al Quran dalam Meningkatkan Sikap Spiritual, serta mengevaluasi agar mendapatkan hasil yang optimal dalam pencapaian hafalan Al Quran dan Sikap Spiritual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan model CIPP yang meliputi Contex, Input, Process, dan Product. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, koordinator tahfidz, guru tahfidz, guru kelas unggulan, guru bidang studi, orang tua siswa dan siswa. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Evaluasi konteks menunjukkan program Tahfidz Al Quran memiliki landasan hukum dan tujuan cukup sesuai dengan visi dan misi sekolah. Evaluasi input menunjukkan perencanaan dari progam sudah baik, terdapat strategi dan struktur organisasi yang sudah jelas dengan prosedur yang sesuai standar melalui pedoman program tahfidz sistem penerimaan peserta didik sudah cukup baik dengan peraturan dengan adanya pemetaan siswa pada kemampuan membaca Al Quran terlebih dahulu. Peningkatan kompetensi pendidik terus ditingkatkan melalui program Tahsin dan Tahfidz Al Quran. Kurikulum tahfidz disusun sesuai dan kebutuhan program tahfidz. Evaluasi proses menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran cukup baik. Evaluasi produk menunjukkan bahwa dengan adanya program tahfidz Al Quran dalam Meningkatkan Sikap Spiritual yang membawa dampak baik secara akademik maupun non akademik.