Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model discovery learning dan literasi sains terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SDN Duri Pulo 05 Pagi tahun ajaran 2023/2024. Sampel penelitian ini terdiri dari 62 siswa yang dibagi menjadi dua bagian, dimana 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan 31 siswa lainnya sebagai kelas kontrol. Penelitian ini tergolong dalam jenis penelitian eksperimen yang menggunakan quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian ini terdiri dari dua variabel bebas yaitu model discovery learning (X1) dan literasi sains (X2) serta variabel terikatnya adalah variabel kemampuan berpikir tingkat tinggi (Y). Berdasarkan hasil hipotesis dan analisis data dapat dijelaskan sebagai berikut : (1) Pada perhitungan hipotesis I, diperoleh Fhitung = 14,15 dan Ftabel = 4,08 dengan db pembilang = 1, db penyebut = 41 dan taraf signifikan = 0,05. Jika dibandingkan Fhitung yang diperoleh dengan Ftabel maka, diperoleh kesimpulan 14,15 > 4,08 atau Fhitung > Ftabel maka Ho ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi. (2) Pada perhitungan hipotesis II, diperoleh Fhitung = 17,72 dan Ftabel = 4,08 dengan db pembilang = 1, db penyebut = 41 dan taraf signifikan = 0,05. Jika dibandingkan Fhitung yang diperoleh dengan Ftabel maka, diperoleh kesimpulan 17,72 > 4,08 atau Fhitung > Ftabel maka H0 ditolak, H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh literasi sains terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi. (3) Pada perhitungan hipotesis III, diperoleh Fhitung = 1,43 dan Ftabel = 4,08 dengan db pembilang = 1, db penyebut = 41 dan taraf signifikan = 0,05. Jika dibandingkan Fhitung yang diperoleh dengan Ftabel maka, diperoleh kesimpulan 1,43 < 4,08 atau Fhitung < Ftabel maka H0 diterima, H1 ditolak, sehingga dapat disimpulkan tidak ada interaksi antara model discovery learning dan literasi sains terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi.