Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis STEAM guna meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas IV Sekolah Dasar dalam memahami materi tumbuhan. Penelitian ini mengikuti model penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan pendekatan ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan LKPD berbasis STEAM telah berhasil dilakukan dengan baik. Analisis kebutuhan awal mengidentifikasi sejumlah hal penting, termasuk minat siswa yang tinggi terhadap pelajaran IPA, kesulitan dalam memahami materi tumbuhan, variasi dalam penggunaan bahan ajar, beragam metode pembelajaran yang digunakan oleh guru, kesulitan dalam mengembangkan keterampilan proses sains, serta potensi penggunaan teknik ecoprint dalam pembelajaran. Dengan memahami hasil analisis ini, guru dapat merancang pembelajaran yang lebih relevan dan efektif. Selanjutnya, uji validitas LKPD menghasilkan catatan penting dari ahli bahasa, materi, dan media, yang menjadi panduan untuk perbaikan LKPD. Hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa penggunaan LKPD berbasis STEAM secara signifikan meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Dalam konteks pembelajaran di sekolah, LKPD ini dapat menjadi alat yang bermanfaat dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPA. Meskipun demikian, perbaikan dan pengembangan lebih lanjut tetap diperlukan untuk mengakomodasi perbedaan kemampuan siswa, mendorong berpikir kritis yang lebih tinggi, dan menggabungkan elemen STEAM dengan lebih baik sesuai dengan kurikulum 2013.