Tesis ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran inkuiri terstruktur dan motivasi belajar terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2x2, dan dengan dua variabel bebas yaitu model pembelajaran inkuiri terstruktur (X1), motivasi belajar (X2), dan satu variabel terikat yaitu kemampuan literasi sains (Y). Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas VC dan VD SDN Lubang Buaya 04 Pagi tahun ajaran 2023/2024. Jumlah data sampel yang digunakan adalah sebanyak 58 peserta didik. Berdasarkan hasil hipotesis dan analisis data, dapat disimpulkan bahwa: (1) diperoleh Fhitung > Ftabel, 18,98 > 4,113, dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak, H1 diterima berarti terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri terstruktur terhadap kemampuan literasi sains siswa. (2) diperoleh Fhitung > Ftabel, 0,39 > 4,113, dapat disimpulkan bahwa Ho diterima, H1 ditolak berarti tidak
terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan literasi sains siswa, atau motivasi belajar baru cenderung berpengaruh terhadap kemampuan literasi sains siswa. (3) diperoleh Fhitung = 0,02 < Ftabel = 4,113, dapat disimpulkan bahwa Ho diterima, H1 ditolak berarti tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran inkuiri terstruktur dan motivasi belajar terhadap kemampuan literasi sains siswa.
|