Berpikir kritis pada muatan pelajaran IPA dapat menyelesaikan persoalan-persoalan IPA yang dihadapinya. Namun, terdapat beberapa permasalahan yang ditemui diantaranya pembelajaran IPA masih berorientasi pada teacher centered. Sebagian besar peserta didik dalam menjawab soal masih berpatokan pada buku dan hafalan semata sehingga menyebabkan rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam bernalar dan memahami materi. Selain itu, kurangnya media pembelajaran menarik yang digunakan guru, sehingga mengakibatkan peserta didik kurang termotivasi untuk berperan aktif dalam belajar. Tujuan utama penelitian ini adalah menguji pengaruh model Problem Based Learning berbantuan komik IPA terhadap motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V di
Sekolah Dasar. Penelitian dilakukan di SDN Mangga Besar 05 dan 07 Pagi, menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain Control Group Post Test Only Desain. Populasi penelitian ini, keseluruhan subjek penelitian yang mempunyai kesamaan perkembangan kognitif, penggunaan sarana dan prasarana yang sama dan belajar dengan guru yang memiliki latar belakang pendidikan yang sama. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling non probability sampling dengan jenis teknik sampling jenuh. Sumber data diambil dari kelas eksperimen dan kontrol dilakukan secara random. Instrumen penelitian menggunakan angket untuk mengukur motivasi belajar dan soal tes bentuk pilihan ganda untuk mengukur kemampuan berpikir kritis peserta didik.
Dari hasil pengujian uji hipotesis motivasi belajar IPA diperoleh thitung
sebesar 3,309 adapun tabel sebesar 2,042 dan hasil pengujian uji hipotesis
kemampuan berpikir kritis kelas kontrol dan kelas eksperimen, diperoleh thitung sebesar 8,80 adapun tabel sebesar 2,042. Berdasarkan data hasil kedua pengujian tersebut karena thitung > t tabel, maka h0(1) dan (2) ditolak dan h1(1) dan (2) diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan komik IPA berpengaruh terhadap motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis kelas V Sekolah Dasar
|