Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis powtoon terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas IV SDN Pondok Kopi 04 Pagi, untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas IV SDN Pondok Kopi 04 Pagi, untuk mengetahui interaksi antara media pembelajaran berbasis powtoon dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas IV SDN Pondok Kopi 04 Pagi.” Metode yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen semu. Pada penelitian ini terdapat dua variabel, yaitu media pembelajaran berbasis powtoon dan motivasi belajar serta satu variabel terikat yaitu hasil belajar Pendidikan Pancasila yakni kelas IVA sebagai kelas eksperimen yang menerapkan pembelajaran dengan media pembelajaran powtoon. Sedangkan kelas IVB sebagai kelas kontrol yang tidak menerapkan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis powtoon. Sampel yang digunakan ada 40 siswa yang terbagi menjadi kelas eksperimen sejumlah 20 dan kelas kontrol sejumlah 20. Teknik analisis data menggunakan Two Way Anova dengan faktorial 2x2. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh media pembelajaran berbasis powtoon terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas IV SDN Pondok Kopi 04 Pagi, terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas IV SDN Pondok Kopi 04 Pagi dan ada interaksi antara media pembelajaran berbasis powtoon dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas IV SDN Pondok Kopi 04 Pagi.