Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Pendidikan Karakter Pada Kurikulum International Baccalaureate (IB) Dan Kurikulum Merdeka di SD Paradisa Cendekia, Bekasi, Jawa Barat. Pembentukan karakter sejak dini untuk menumbuhkan karakter yang baik perlu mendapat perhatian serius dari semua pihak terutama para akademisi. Pengembangan Pendidikan karakter yang ada di SD Paradisa Cendekia cukup unik dan berbeda dengan sekolah pada umumnya. Terlihat bahwa pengembangan nilai-nilai karakter tidak hanya diimpementasikan melalui mata pelajaran yang ada saja, terkhusus Pendidikan Agama Islam namun di setiap tema transdisipliner, Guru menanamkan nilai-nilai karakter agar Peserta Didik mampu membiasakan diri dalam kehidupan sehari-harinya. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan sumber primer wawancara dan sumber sekunder adalah jurnal dan buku yang relevan dengan penelitian ini. Subjek dari penelitian ini terdiri dari Kepala Sekolah, Wali Kelas, Peserta Didik dan Orang Tua Peserta Didik. Hasil penelitian Implementasi Pendidikan Karakter Pada Kurikulum International Baccalaureate (IB) Dan Kurikulum Merdeka Di SD Paradisa Cendekia, Bekasi, Jawa Barat menunjukkan bahwa implementasi Pendidikan karakter di SD Paradisa Cendekia adalah merupakan perumusan dan perancangan program karakter sejak penyusunan kurikulum sekolah. Mencakup berbagai aspek karakter, integrasi antara kurikulum IB dan kurikulum merdeka. Kurikulum dan Pendidikan karakter diintegrasikan dengan konsisten, menciptakan lingkungan sekolah yang aman, nyaman, dan inklusif untuk semua Peserta Didik, tanpa adanya diskriminasi. Faktor Pendukung Pendidikan karakter di SD Paradisa Cendekia adalah a) perencanaan kurikulum yang matang, b) sumber daya manusia yang unggul, c) dukungan Orang Tua Peserta Didik, d) manajemen sekolah yang efektif e) pembiasaan. Tantangan yang dialami dalam implementasi Pendidikan karakter di SD Paradisa Cendekia adalah a) perhatian Orang Tua terhadap pendidikan karakter, b) konsistensi Guru yang bervariasi, c) waktu yang terbatas, d) perilaku sukarela