Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul berdiferensiasi berbasis ongoing assessment pembelajaran IPAS di kelas IV SD Bakti Mulya 400, Jakarta Selatan untuk mengukur peningkatan, validitas dan efektifitas pemahaman siswa. Riset ini dilakukan untuk menerapkan pembelajaran dan asesmen berdiferensiasi sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa dengan prinsip asesmen berkelanjutan (ongoing assessment), untuk mengetahui bukti hasil belajar terhadap ketercapaian tujuan pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development melalui pengembangan penelitian model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan model pengembangan, yaitu: Analyze; Design; Develop; Implement; and Evaluate. Dilakukan analisis kebutuhan E-Modul terhadap 24 siswa dengan nilai rata-rata 100% dan 6 guru dengan rata-rata nilai 62,5% setuju menggunakan E-Modul pada pembelajaran IPAS. Design modul ajar dan E-Modul Web Lumi pembelajaran berdiferensiasi ini dikembangkan dengan materi ajar dan strategi pembelajaran berbasis ongoing assessment. Implementasi E-Modul dilakukan hasil uji coba, dengan rata-rata nilai siswa 90,2 dan rata-rata nilai guru 98,6 dengan kategori sangat baik. Validitas oleh ahli aplikai dengan rata-rata nilai 91% kategori sangat baik dan validasi ahli materi dengan rata-rata nilai 89% dengan kategori sangat baik. Tes N-gain dilakukan untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa yang menunjukan peningkatan nilai N-gain dari hasil skor pretest dan post-test dengan rata-rata nilai antara 0,347 atau 34,7%, kategori sedang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan E-Modul berdiferensiasi berbasis ongoing assessment pada Lumi Web telah valid dan efektif diterapkan pada pembelajaran intrakurikuler IPAS untuk meningkatkan pemahaman belajar siswa di Sekolah Dasar Bakti Mulya 400, Jakarta Selatan.