Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia pembelajaran berupa Aplikasi Pengenalan Batik Betawi (APE BABE) yang layak digunakan untuk siswa kelas V Sekolah Dasar pada materi Ragam Motif Batik Betawi yang ada dalam Muatan Lokal Pendidikan Lingkungan dan Budaya Jakarta. Metode penelitian ini menggunakan Research and Development dengan mengacu pada
model pengembangan four-D (define, design, develop, disseminate). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Cibubur 10 sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan kuisioner. Analisis data awal dilakukan secara deskriptif, sedangkan analisis data kelayakan dilakukan dengan melakukan konversi data kuantitatif kedalam data kualitatif. Hasil penelitian ini adalah: (1) APE BABE dikembangkan melalui beberapa langkah, yaitu: (a) mendefinisikan kebutuhan dengan analisis awal, analisis konsep materi, analisis tugas dan analisis tujuan pembelajaran, (b) melakukan perancangan dengan menyusun parameter penilaian, pemilihan format, pemilihan media, dan pembuatan prototipe, (c) melakukan pengembangan dengan validasi produk oleh ahli diikuti revisi, serta ujicoba
lapangan sehingga dihasilkan produk akhir multimedia dengan lima menu utama yaitu kompetensi dasar, materi ajar, evaluasi, refleksi, dan profil pengembang, kemudian (d) melakukan penyebaran produk dengan mendaftarkan hak ciptanya. (2) Kelayakan multimedia ditentukan dari hasil validasi oleh ahli dengan rerata skor 3,62 yang termasuk dalam kategori sangat layak, dilanjutkan hasil respon pengguna melalui ujicoba lapangan dengan rerata skor 3,54 yang termasuk dalam kategori sangat layak, sehingga APE BABE dinyatakan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran.
|