Abstrak  Kembali
Peningkatan perilaku peduli lingkungan dapat diperoleh melalui peningkatan program adiwiyata dan karakter dan disiplin belajar. Oleh karena itu masalah pokok dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh program adiwiyata dan kakarkter serta disiplin belajar siswa terhadap perilaku peduli lingkungan. Tujuannya adalah untuk memperoleh gambaran pengaruh program adiwiyata terhadap perilaku peduli lingkungan, kakarkter serta disiplin belajar siswa terhadap perilaku peduli lingkungan, dan pengaruh program adiwiyata terhadap kakarkter dan disiplin belajar siswa. Hipotesis penelitian adalah terdapat pengaruh langsung positif yang signifikan: (1) program adiwiyata terhadap perilaku peduli lingkungan, (2) kakarkter serta disiplin belajar siswa terhadap perilaku peduli lingkungan, (3) program adiwiyata terhadap kakarkter dan disiplin belajar siswa. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey dan pendekatan deskriptif analitik. Sampel diambil secara acak (random sampling) sebanyak 100 orang dari populasi sebanyak 140 orang siswa dari kelas I sampai dengan III di SDN Jelambar 03 Pagi . Teknik pengumpulan data menggunakan angket skala. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi Pearson Product Moment, determinasi, regresi sederhana dan analisis jalur. Selanjutnya data yang telah terkumpul, diolah kemudian ditafsirkan, dianalisis dan dideskripsikan sesuai dengan masalah dan tujuan penelitian. Hasil penelitian diperolah, yaitu (1) terdapat pengaruh langsung dan positif program adiwiyata terhadap perilaku peduli lingkungan berada pada dengan hasil yang diperoleh thitung (21,154) > ttabel (0,694) pada α = 0.05 (2) terdapat pengaruh langsung dan positif kakarkter serta disiplin belajar siswa terhadap perilaku peduli lingkungan dengan hasil yang diperoleh thitung (21,182) > ttabel (0,694) pada α = 0.05. (3) terdapat pengaruh langsung dan positif program adiwiyata terhadap ) kakarkter serta disiplin belajar siswa berada dengan hasil yang diperoleh thitung (27,323) > ttabel (0,694) pada α = 0.05.