Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya pengaruh model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis mata pelajaran IPS di SDN Grogol Utara 03 Pagi Jakarta Selatan tahun pelajaran 2023/2024. Sampel penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah kelas 5 sebanyak 40 siswa. Dengan sampel untuk kelas eksperimen sebanyak 20 siswa dan sampel kelas kontrol sebanyak 20 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pemberian tes hasil belajar IPS dan angket motivasi belajar siswa. Analisis terdiri dari pengujian instrumen selanjutnya dilakukan uji prasyarat analisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis dengan uji ANOVA ada dua arah dan uji Tukey. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dan analisis data, disimpulkan bahwa: : (1) terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis mata
pelajaran IPS (2) terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan rendah (3) adanya pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis mata pelajaran IPS. Secara umum, disimpulkan bahwa model pembelajaran Make a Match dan Picture and Picture berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis mata pelajaran IPS siswa.
|