|
Tesis ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya Hubungan Perilaku
Sosial dan Perilaku Ilmiah dengan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada
Topik Pecahan di SDN Sekecamatan Cipayung.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif non eksperimen. Sampel
pada penelitian ini adalah peserta didik kelas V pada topik pecahan di beberapa
SDN Kecamatan Cipayung. Data kemampuan berpikir kreatif diperoleh dari tes
uraian, kemudian untuk perilaku sosial dan perilaku ilmiah diperoleh dari angket.
Yang kemudian dihitung dengan Uji Regresi liner berganda, maka dapat
disimpulkan Ho ditolak dan H1 diterima.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan yang
signifikan Perilaku Sosial dengan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada
Topik Pecahan di SDN Kecamatan Cipayung. (2) terdapat hubungan yang
signifikan Perilaku Ilmiah dengan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada
Topik Pecahan di SDN Kecamatan Cipayung. (3) terdapat hubungan yang
signifikan Perilaku Sosial dan Perilaku Ilmiah dengan Kemampuan Berpikir Kritis
Peserta Didik Pada Topik Pecahan di SDN Kecamatan Cipayung
|