Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan Nilai-Nilai IPS
Sebagai Upaya Penyiapan Siswa SMP Cita Mulia Menghadapi Perubahan-
Perubahan Global secara lebih mendalam sehingga diperoleh suatu gambaran
yang mendalam terkait dengan substansi permasalahannya berdasarkan hasil
pengambilan data dilapangan dengan cara wawancara, observasi dan
dokumentasi. Berdasarkan tujuan tersebut, metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah kualitatif fenomenologis dengan studi kasus. Teknik yang digunakan dalam
pengumpulan data adalah observasi dan wawancara (indepth interview) informan kunci
(key informan). Penelitian kulaitatif fenomenologis melihat secara dekat interpretasi
individual tentang pengalaman-pengalamnnya. nilai-nilai IPS sebagai upaya
penyiapan siswa SMP Cita Mulia tertanam dalam setiap program dan kegiatan
sekolah, mulai dari hal yang sederhana hingga pada tahap pembelajaran dan hiden
kurikulum yang dimiliki sekolah.
Hasil penelitian menunjukan nilai-nilai IPS mampu menjadi solusi bagi derasnya
pengaruh perubahan-perubahan global yang sedang terjadi, tentunya hal ini juga
harus didukung dengan kemampuan guru menjadi role model bagi siswa dan
mampu mempraktekan nilai-nilai IPS dalam setiap pembelajaran, program dan
kegiatan sekolah sehari-hari. Siswa yang tersentuh dengan nilai-nilai IPS akan
cenderung memiliki ketahan diri terhadap dampak perubahan.
|