Abstrak  Kembali
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan Nilai-Nilai IPS Sebagai Upaya Penyiapan Siswa SMP Cita Mulia Menghadapi Perubahan- Perubahan Global secara lebih mendalam sehingga diperoleh suatu gambaran yang mendalam terkait dengan substansi permasalahannya berdasarkan hasil pengambilan data dilapangan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan tujuan tersebut, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif fenomenologis dengan studi kasus. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dan wawancara (indepth interview) informan kunci (key informan). Penelitian kulaitatif fenomenologis melihat secara dekat interpretasi individual tentang pengalaman-pengalamnnya. nilai-nilai IPS sebagai upaya penyiapan siswa SMP Cita Mulia tertanam dalam setiap program dan kegiatan sekolah, mulai dari hal yang sederhana hingga pada tahap pembelajaran dan hiden kurikulum yang dimiliki sekolah. Hasil penelitian menunjukan nilai-nilai IPS mampu menjadi solusi bagi derasnya pengaruh perubahan-perubahan global yang sedang terjadi, tentunya hal ini juga harus didukung dengan kemampuan guru menjadi role model bagi siswa dan mampu mempraktekan nilai-nilai IPS dalam setiap pembelajaran, program dan kegiatan sekolah sehari-hari. Siswa yang tersentuh dengan nilai-nilai IPS akan cenderung memiliki ketahan diri terhadap dampak perubahan.