Abstrak  Kembali
Penerapan budaya literasi kritis di era global sangatlah penting agar siswa memiliki kemampuan membaca secara luas, memahami materi informasi terbaru lebih mudah dan mampu mengungkapkan pemikirannya secara efektif dihadapkan dengan perkembangan dunia yang begitu cepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemapuan literasi kritis siswa dengan menggunakan studi kepustakaan untuk memperkuat analisis dalam membuat suatu kesimpulan, mendeskripsikan keadaan yang akan diamati dengan lebih spesifik, transparansi dan mendalam, kemampuan literasi kritis siswa pada pelajaran IPS di kelas IX SMPN 17 Depok. Masih banyak siswa yang belum memahami pentingnya literasi kritis untuk saat ini di era global, demikian juga untuk mempelajari pelajaran IPS di tingkat SMP sebaiknya siswa menggunakan cara literasi kritis sehingga siswa lebih mudah dalam memahami pelajaran tersebut. Metode penelitian dengan menggunakan penelitian kualitatif studi kasus yang didukung dengan data survey, observasi dengan mencantumkan presentasi literasi kritis pada siswa SPMN 17 Depok.