|
Salah satu inovasi bahan ajar berbasis teknologi yang dapat diterapkan
pada siswa generasi Alpha saat ini adalah e-Magazine Interaktif. Siswa dapat
memanfaatkan bahan ajar sebagai bantuan untuk memahami esensi bacaan
dengan tampilan yang lebih menarik dan mudah digunakan. Dengan model
pembelajaran Group Investigation siswa terlibat secara langsung untuk mengisi
template yang tersedia pada bahan ajar melalui proses investigasi dan kegiatan yang menyenangkan sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna. Tujuan utama dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pengembangan bahan ajar berbasis e-Magazine Interaktif dengan model pembelajaran Group Investigation, mengetahui kelayakan dan efektivitasnya terhadap minat baca siswa kelas V SDN Lagoa 01. Penelitian ini secara garis besar akan mendeskripsikan pengembangan yang mengacu pada 5 tahapan pengembangan ADDIE yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pengujian produk terdiri atas uji alfa dan uji beta untuk mengetahui kelayakan dan efektivitas produk. Uji alfa produk melibatkan 1 ahli bahan ajar dan 2 ahli materi. Uji beta produk dalam skala kecil melibatkan 20 siswa kelas V dan uji lapangan melibatkan 40 siswa kelas V. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan angket. Data dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pengembangan ini adalah bahan ajar berbasis e-Magazine Interaktif. Hasil pengujian produk pada uji alfa menunjukkan bahan ajar yang dikembangkan masuk pada kategori “Sangat Layak” yang diberi rerata skor 3,32 oleh ahli bahan ajar dan 3,80 oleh ahli materi. Hasil uji beta menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan masuk pada kategori “Sangat Layak” dengan rerata skor 3,28 pada skala kecil dan 3,48 pada uji lapangan. Bahan ajar yang dikembangkan juga menunjukkan kategori “Sangat Efektif” meningkatkan minat baca siswa dengan rerata skor 3,45.
|