| 
      Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa
video pembelajaran interaktif berbasis masalah yang bisa digunakan untuk
meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik sekolah dasar
dengan materi organ pernapasan pada manusia. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Mangga Besar 07 Pagi sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuisioner, dan tes. Uji validitas produk dilakukan oleh ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Sedangkan uji kelayakan dan kepraktisan produk dilakukan melalui respon peserta didik dan guru. Kemudian uji efektivitas produk dilakukan melalui pre-test dan post-test yang kemudian dianalisis dengan penghitungan N-Gain untuk melihat peningkatan yang terjadi. Hasil penelitian ini adalah: (1) video pembelajaran interaktif berbasis
masalah dikembangkan menggunakan aplikasi canva pada fitur canva talking
presentation; (2) hasil uji validitas ahli media sebesar 95% dengan kriteria sangat valid, hasil uji validitas ahli materi sebesar 80% dengan kategori sangat valid, hasil uji validitas ahli Bahasa sebesar 91% dengan kriteria sangat valid; (3) uji kelayakan video melalui respon peserta didik sebesar 90,96% sedangkan respon guru sebesar 96%; (4) uji kepraktisan melalui respon peserta didik sebesar 91,09% dan respon guru sebesar 92%; (5) hasil uji N-Gain diperoleh nilai sebesar 0,743 dan hasil Uji- T sebesar 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa video pembelajaran interaktif berbasis masalah ini efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik.
     |