Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan (1) Untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII MTs Al-Ittihadiyah.(2) Untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh yang signifikan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTs Al-Ittihadiyah. (3) Untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar dan fasilitas belajar secara simultan (bersama-sama) terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII MTs Al-Ittihadiyah. Penelitian ini merupakan jenis pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel terikat Hasil Belajar (Y), dan Variabel bebas Motivasi Belajar (X1) Fasilitas Belajar (X2), Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VIII MTs Al Ittihadiyah Ciseeng yang berjumlah 149 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan rumus Daniel & Terrel dengan tingkat kesalahan Alpha 0.05, responden dalam penelitian ini sampel sebanyak 108 siswa kelas VIII MTs Al Ittihadiyah Ciseeng. Teknik sampling dengan jenis Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data dengan cara, Angket (Quesioner) dan Dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu : Analisis deskriptif, uji kualitas data; validitas dan reliabilitas, , uji prasyarat; normalitas, linieritas dan heterokendatisitas, analisis regresi yaitu regresi linier sederhana, regresi linier berganda, parsial t dan simultan f.