Penelitian ini menguji coba penggunaan media zoom meeting dan google
classroom dalam pembelajaran tematik dengan metode story telling untuk
meningkatkan self confidence siswa kelas 1 Sekolah Dasar Kebayoran Lama
Selatan. Total sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 74 siswa yang dibagi menjadi 3 kelas, yaitu kelas eksperimen 1, kelas ekperimen 2, dan kelas kontrol. Dengan menggunakan analisis one way Anova, penelitian ini menemukan bahwa penggunaan media zoom meeting terbukti lebih efektif dalam meningkatkan self confidence siswa. Terbukti, rata-rata self confidence siswa pada kelas eksperimen 1 (zoom meeting) memiliki perbedaan sebesar 10,91 dengan self confidence siswa pada kelas kontrol (konvensional) pada signifikansi 0,09. Namun demikian, penggunaan media google classroom tidak terbukti lebih efektif daripada penggunaan metode konvensional tatap muka dalam meningkatkan self confidence siswa. Perbedaan rata-rata self confidence siswa yang menggunakan google classroom dengan metode konvensional adalah sebesar 3,70 pada signifikansi 0,367. Berdasarkan hal tersebut, guru diharapkan lebih memilih media zoom meeting dalam melaksanakan pembelajaran tematik metode story telling. Pihak sekolah juga diharapkan memberikan dukungan berupa pembekalan tambahan bagi para guru agar dapat memaksimalkan penggunaan fitur-fitur dalam zoom meeting sebagai upaya meningkatkan self confidence siswa.
|