Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan video pembelajaran berbantuan gmeet terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran IPA kelas 5 di SDN Kelapa Dua Wetan 04 Pagi dan Untuk mengetahui pengaruh penggunaan video pembelajaran berbantuan gmeet terhadap kemampuan berfikir tingkat tinggi pada mata pelajaran IPA kelas 5 di SDN Kelapa Dua Wetan 04 Pagi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Pada penelitian ini terdapat satu variabel bebas, yakni Penggunaan Video Pembelajaran Berbantuan Gmeet dan dua variabel terikat yakni Motivasi Belajar Dan Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi. Pengambilan data dalam penelitian ini setelah perlakuan dilaksanakan, yaitu kelas VB sebagai kelas eksperimen yakni kelas menerapkan Penggunaan Video Pembelajaran Berbantuan Gmeet. Sedangkan kelas VA sebagai kelas kontrol yakni kelas yang tidak menerapkan Penggunaan Video Pembelajaran Berbantuan Gmeet. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Posstest Only Design. Metode analisis yang digunakan adalah Uji Mann Whitney digunakan untuk menguji Hipotesis alternatif (H1.1) dan Uji t digunakan untuk menguji Hipotesis alternatif kedua (H1.2). Hasil penelitian ini terdapat pengaruh penggunaan video pembelajaran berbantuan Gmeet terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran IPA kelas 5 di SDN Kelapa Dua Wetan 04 Pagi dan terdapat pengaruh penggunaan video pembelajaran berbantuan Gmeet terhadap kemampuan berfikir tingkat tinggi pada mata pelajaran IPA kelas 5 di SDN Kelapa Dua Wetan 04 Pagi. Keterbaruan dalam penelitian ini adalah peneliti menggunakan media video yang ditampilkan berbasis PowerPoint di dalam pembelajaran yang menggunakan bantuan GMeet.