Abstrak  Kembali
Nilai-nilai Pancasila hendaknya terinternalisasi menjadi karakter seluruh rakyat Indonesia. Namun kenyataannya penyimpangan terhadap nilai-nilai Pancasila itu mulai menyasar ke semua lapisan, baik birokrasi, hukum, perusahaan, pendidikan dan perilaku remaja sebagai generasi muda bangsa Indonesia. Mata Pelajaran PPKn dan Pendidikan Karakter Profil Pelajar Pancasila merupakan salah satu upaya menginternalisasi nilai-nilai Pancasila sebagai karakter pelajar Indonesia. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan karakter Profil Pelajar Pancasila yang diwujudkan di SMP Negeri 1 Karawang Barat, menganalisis pentingnya pembentukan karakter Profil Pelajar Pancasila bagi peserta didik. menganalisis konten mata pelajaran PPKn dalam pembentukan karakter Profil Pelajar Pancasila, mengidentifikasi peran guru PPKn dalam penguatan karakter Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 1 Karawang Barat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan sutdi kasus sebagaimana dikembangkan oleh Robert. K. Yin. Infroman penelitian terdiri dari Kepala Sekolah, Guru PPKn, tenaga kependidikan, peserta didik dan orang tua peserta didik. Data dikumpulkan dengan cara observasi partisipan, wawancara mendalam dan studi dokumen. Data dianalisis dengan menggunakan analisis interaktif sebagaimana dikembangkan oleh Mile dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMPN 1 Karawang Barat memiliki komitmen tinggi dalam upaya pendidikan karakter Profil Pelajar Pancasila melalui program dan kebijakan pimpinan sekolah dan tampak menonjol pada dimensi beriman bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia. Profil Pelajar Pancasila sangat penting untuk membentuk karakter peserta didik yang memiliki kompetensi dan berakhlak mulia. Konten mata pelajaran PPKn sangat diwarnai dengan upaya menginternalisasi nilai-nlai Pancasila baik dalam kegiatan intra kurikuler, ko kurikuler dan ekstra kurikeuler. Peran guru, terutama guru PPKn memiliki posisi sentral, guru harus memiiki kemampuan dalam mengelola pembelajaran juga sebagai teladan sehingga peserta didik mempunyai pengetahuan dan juga sikap dan ketrampilan yang sesuai dengan karakter Profil Pelajar Pancasila. Tantangan sekaligus hambatan yang muncul adalah pentingnya mempunyai kesamaan persepsi antara seluruh warga sekolah dan juga partisipasi aktif orang tua peserta didik.