Abstrak  Kembali
embelajaran di masa pandemi Covid-19 menyisakan terjadinya learning loss. Learning loss adalah situasi dimana peserta didik kehilangan pengetahuan dan keterampilan baik secara umum atau khusus atau terjadinya kemunduran secara akademik karena kondisi tertentu seperti kesenjangan yang berkepanjangan atau ketidakberlangsungannya proses pendidikan. Learning loss yang terjadi pasca pandemi Covid-19 pada aspek sikap harus lebih digali dengan menerapkan penilaian sikap. Penilaian sikap yang valid hanya akan didapat dari perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan penilaian sikap yang sesuai dengan standar penilaian. Penilaian sikap yang dilaksanakan oleh guru mata pelajaran akan memicu peserta didik untuk lebih menjaga sikap dan perilaku dalam rangka mendapatkan nilai sikap yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mekanisme dan prosedur penilaian autentik kompetensi sikap tahap perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan pada implementasi penilaian autentik kompetensi sikap, menganalisis kendala-kendala yang dihadapi, mendeskripsikan solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi kendala-kendala yang dihadapi dalam hal perencanaan, pelaksanaa, dan pelaporan pada implementasi penilaian autentik kompetensi sikap dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di masa pandemi Covid-19 pada SMP Negeri 2 Serang Baru Kabupaten Bekasi. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik dan instrumen penelitian yang digunakan dalam tesis ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis interaktif (interactive model) menurut Miles dan Huberman yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Teknik pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber.