Abstrak  Kembali
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada pada kehidupan sosial khususnya di lingkungan sekolah dasar. Berdasarkan data KPAI sejak tahun 2011-2019 mencatat ada 574 anak laki-laki yang menjadi korban perundungan, 425 anak perempuan jadi korban perundungan di sekolah. 440 anak laki-laki dan 326 anak perempuan sebagai pelaku perundungan di sekolah. Sedangkan sepanjang tahun 2021 setidaknya ada 17 kasus perundungan yang terjadi diberbagai jenjang pada satuan pendidikan. Melalui pengambangan e-modul karakter siswa dan upaya pembiasaan lingkungan ramah HAM di sekolah dasar diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi siswa maupun sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan panduan pembinaan karakter siswa dan upaya pembiasaan lingkungan ramah HAM di sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Design Based Research (DBR). Pemilihan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling terpilih kelas IV B dengan jumlah responden sebanyak 31. Metode pengumpulan data melalui validasi ahli materi, bahasa, dan media menggunakan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan teknik deskriptif presentase. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengaruh e-modul tentang karakter siswa dan sekolah ramah HAM di sekolah dasar dengan menggunakan metode DBR Karakteristik e-modul bermuatan 10 tema yang terdiri dari martabat manusia, non diskriminasi, inklusi, partisipasi, kesamaan akses sumber daya dan informasi, akuntabilitas dan transparansi, pemberdayaan, kesetaraan, jaminan perlindungan, saling terkait dan bergantung. Telah diuji validitaskan oleh tiga orang ahli meliputi ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media, serta diuji coba efektifitasnya secara terbatas dan perluas oleh siswa kelas IV SDN Cibubur 10. Hasil efektifitas penerapan e-modul yang telah diujikan terhadap ahli dan siswa diperoleh, validator ahli materi dengan skor keseluruhan 97,38% dengan kategori sangat baik, validator ahli bahasa dengan skor keseluruhan 95,40% dengan kategori sangat baik, validator ahli media dengan skor keseluruhan 93,33% kategori sangat baik. Hasil uji coba efektivitas siswa terbatas SDN Cibubur 10 terbatas dengan skor keseluruhan 92,99% SDN Cibubur 10. Berdasarkan hasil uji coba efektivitas siswa diperluas SDN Cibubur 10 dengan skor keseluruhan 91,94%. perolehan data menunjukan bahwa e-modul karakter siswa dan upaya pembiasaan lingkungan ramah HAM di sekolah dasar layak dan efektif digunakan sebagai sumber belajar siswa.