Abstrak  Kembali
Penggunaan model pembelajaran yang pariatif merupakan keharusan bagi guru profesional abad 21. SD Islam Al Azhar 7 Sukabumi memiliki komitmen untuk menerapkan model-model pembelajaran yang pariatif dalam proses pembelajaran, akan tetapi pada implementasinya belum sesuai harapan, terutama pada Pelajaran Matematika. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana pengaruh model pembelajaran berbasis projek terhadap sikap ilmiah dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SD Islam Al Azhar 7 Sukabumi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen), pendekatan kuantitatif dengan pengujian analisis data menggunakan analisis jalur. Untuk menganalisis data tersebut menggunakan program SPSS versi 25 for widows. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 21 siswa yang merupakan sampel penelitian dengan tekhnik class random sampling . Hasil penelitian model pembelajaran berbasis projek (variable X) berpengaruh signifikan terhadap sikap ilmiah siswa (variable Y1). Hal ini dibuktikan dengan skor sikap ilmiah siswa dengan rata-rata skor kelas eksperimen sebesar 77,14 dan rata-rata skor kelas kontrol sebesar 71,10, sedangkan hasil uji independent t- sampel sebesar 0,031. Hasil penelitian model pembelajaran berbasis projek (variable X) berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika (variable Y2). Dibuktikankan dengan skor rata-rata kelas eksperimen sebesar 73,76 sedangkan skor rata-rata kelas kontrol sebesar 66,71. Selanjutnya independent t-sampel sebesar 0,01.